Skip to main content

Maafkan Saya, Oshin, Jangan Patah Semangat


Saya mendengar film berjudul Oshin, setelah kakak saya sempat membicarakannya. Yang mana film tersebut sudah ada sejak kakakku masih kecil.

Tak lama bergosip tentang Oshin, saya menemukan filmnya di Waku-waku Japan. Dan mulailah saya lihat filmnya.

Pertama melihat...

Ow, film drama tentang kehidupan sehari-hari. Mmm, hal yang biasa. Dan Oshin? Ahaaaa, dia seorang wanita Jepang yang begitu manis.

Belum juga 5 menit, saya mulai terhipnotis dengan adegan di menit-menit berikutnya. Kok semakin bagus.

Oshin, seorang wanita -karena saya belum melihat yang versi anak kecilnya- yang memiliki masa-masa kelam saat seatap dengan keluarga Tanoruka di Saga semenjak menikah dengan Ryoku.

Namun, semua penderitaan itu terakumulasi menjadi semangat hidup luar biasa yang membuat Oshin benar-benar memiliki kualitas diri.

Namun tidak happy ending begitu saja, ujian hidup datang bertubi-tubi. Dihadapkan dengan berbagai fitnah dan ejekan terutama dari ibu mertua keluarga Tanoruka.

Bersama anaknya, Yu, Oshin tetap berjuang mandiri dengan segenap prinsip-prinsip hidupnya. Setelah beranjak dari keluarga Tanoruka, Oshin menuju Tokyo dengan tanpa tujuan.

Di Tokyo, Oshin bertemu dengan Ken. Seorang entrepreneur dan pekerja keras. Ken lah melihat kondisi Oshin yang begitu memprihatinkan, yang membuat Ken tergerak hati untuk membantu Oshin dengan iklhas.

Sayangnya, kebaikan yang dilakukan Ken, dan diterima dengan senang hati oleh Oshin, berbuah pahit. Dan demi kebaikan Oshin, Ken membiarkan Oshin untuk pulang ke kampung halamannya, Yamagata.

Oshin benar-benar wanita yang luar biasa, dia setiap bertemu dengan orang baik akan mengatakan...

"Saya sangat berterima kasih kepada Anda, namun saya tidak bisa memanfaatkan kebaikan Anda. Saya menghormati kebaikan Anda"

Dan itu ia sampaikan dengan kelembutan hati Oshin, tidak menyakiti orang lain, sebagai rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Maafkan Saya Oshin, namun kamu adalah luar biasa. Kejar impianmu, dan aku tidak bisa mencegahnya.

Comments

  1. Gagal fokus sama kalimat terakhirnya @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu banget kakak ini tentang atensi tulisan di atas.

      Itu perkataan Ken-san mbak. Orang yang tulus menolong Oshin, tapi malah mendatangkan masalah bagi Ken, dan Oshin menjauhinya karena tidak mau membebani Ken. Hahahahaha.

      Delete
  2. hahaha aku nonton film ini tapi gak ngikutin mpe selesai di waku2, penasaran endingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya melihatnya saat Oshin telah dewasa, karena udah terjebak ama cerita bagusnya, nyari yang versi kecil deh akhirnya mbak. Hahahaha.

      Delete
  3. Baca kalimat awal, aku fix yakin pasti mas Julian lebih muda dari aku. Bahahahahahaha. Dulu aku beberapa kali nonton walau dulu belum mudeng sama ceritanya, abis dulu ngehits banget loh ini mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, karena penasaran, saya sampek nyari di Youtube.

      Delete
  4. Film masa kecil yang penuh pelajaran dan bikin banjir air mata nih
    Dan sepertinya akan abadi sepanjang masa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya bisa merasakan tayangan saat itu. Saya mah baru aja lahir :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Rak Sepatu Sederhana

Di hari libur, saya menyempatkan diri berkunjung ke sahabat saya, pak Yodex. Ternyata saat saya sampai dirumahnya, ia sedang sibuk menyiapkan berbagai peralatan dan bahan untuk membuat rak sepatu.

Kesempatan tersebut tidak aku sia-siakan sebagai bahan blog, yakni Tutorial Cara Membuat Rak Sepatu Sederhana.

Buka Sekarang Juga!

Hahaha, jangan lebai saat membaca judulnya. Maksud dari judul tersebut adalah bukber, alias buka bersama. Buka bersama teman-teman kantor dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Juni 2016. Yang baru pertama kali dilaksanakan selama bulan Ramadhan di tahun 2016.

Saat Mudik Siang Hari, Jangan Lupa Mampir

Musim mudik memang sudah berlangsung sejak beberapa hari jelang hari raya Idul Fitri kemarin. Jangan lupa pastikan keamanan berkendara dengan sangat matang agar selamat hingga tujuan.